Antara Fasilkom UI dan STEI ITB

April 07, 2016
                Anjirr…udah Bulan April.Gak terasa sekarang gua udah semester 4(kelas 11), udah ngelewatin setengah kehidupan masa SMA. Masa-masa yang (katanya) seru, menyenangkan, exciting, tempat lu nemuin jati diri, pokoknya memorable banget dah.

                Di masa ini pula, gua makin bingung sama cita-cita. Dari pertamanya SD pengennya jadi Pilot, SMP pengen kerja kantoran(ßgua gak tau jenis profesi apa ini kwk, yang penting mirip Ortu), dan sekarang SMA gua malah bingung pengen ngapain waktu abis kuliah nanti. (*Yang pasti pengen nikah sama cewe blasteran Jepang-Rusia). Kalo, ngeliat kehidupan SMA, gua kepilih jadi anggota Student Club Computer(salah satu ekstrakurikuler) , Alhamdulillah sampe tahap OSP 2 kali (belom OSN tapi-_-) dan agak berpengalaman ikut lomba-lomba Competitive Programming(belom pernah menang), kayaknya jadi Programmer bakal jadi profesi yang menyenangkan. Oiya…., programmer ini banyak jenisnya, ada yang Software Engginer, System Analist, IT Consultan, Game Developer, dan beragam profesi lainnya. /*bazeng, pendahuluan 2 paragraf*/

Fasilkom UI
                Buat jadi programmer(dan sejenisnya), berarti gua pastinya butuh bekal, yaitu belajar (kuliah) di jurusan tersebut. Untuk S1, jalurnya ada lewat belakang,SNMPTN,SBMPTN dan UM(ujian mandiri). Untuk ini, gua udah nentuin 2 Universitas impian, yaitu Ilmu Komputer – Fasilkom Universitas Indonesia dan Informatika - STEI ITB. Yang gua bingungin sekarang adalah prioritasnya gimana, mana yang gua taro di urutan 1 waktu daftar SNMPTN/SBMPTN nanti.




STEI ITB
                Apa bedanya Ilmu Komputer(Computer Science) dan Informatics. Ternyata, cuma perbedaan penamaan doang. Latar belakangnya sih, pernah dijelasin salah satu dosen ITB Pak Rinaldi Munir.Kata Beliau,  dulu dosen UI kebanyakan lanjut kuliah ke luar negerinya ke Amerika Serikat, yang di sana jurusan tersebut dinamai dengan Computer Science, sesuai Bahasa Inggris. Sedangkan dosen ITB, dulu, kalau lanjut kuliah kebanyakan ke Eropa, yang memakai nama Informatics, berasa dari Bahasa Prancis, Informatique.  
               
                Pertama-tama,  pengen list alasan-alasan yang gak reasonable banget, tapi entah kenapa gua rasa ini penting.
Kenapa Fasilkom UI lebih baik  :


  1. Deket rumah, naek sepeda nyampe 5-20 menit
  2. Tinggal di rumah, makan di rumah, tidur di rumah, boker di rumah dan lainnya
  3. Alumni SMANSA bejibun, awal-awal udah dapet banyak relasi 
  4. Anak OSN Informatika dan TOKI entah kenapa lebih banyak ke UI dibanding STEI
  5. Bisa maen ke Jakarta
Kenapa STEI ITB lebih baik :


  1. Bandung lebih dingin dari Depok, menurut penelitian, orang yang tinggal di daerah dingin lebih cerdas dibandingkan yang tinggal di daerah panas. 
  2. Pengen nge-kos
  3. Bosen tinggal di Depok
  4. Pengen tantangan hidup
  5. Bandung smart city katanya

                Sekarang dari segi kurikulum :
                Perbedaan, mendasar ada di tahun pertama. Kalo di UI, siswanya langsung belajar “ilmu komputer” itu, mata kuliahnya antara lain Matematika Diskrit, Fundamental Programming, Object Oriented Programming, Dasar Sistem Digital dan Dasar Desain Komputer. Tapi, kalo di ITB mayoritas muridnya harus mengikuti masa TPB(Tahap Persiapan Bersama), yang berarti gua harus kembali bergulat bersama Fisika dan Kimia. Walaupun mata kuliah itu diberi nama “Fisika Dasar” dan “Kimia Dasar”, mata kuliah selain kedua itu ada Kalkulus 1 dan 2, Dasar Teknik Informatika, Dasar Elektro dan Dasar Sistem Informasi . Tapi gapapa, gua malah senang kayaknya, karena dengan nguasain “Dasar” ini secara bener, kita jadi tau integrasi antar disiplin ilmu tersebut dengan jurusan yang kita ambil. Dan ternyata, sistem TPB ini diadopsi dari Universitas impian gua di Amerika , Massachusset Institute Technology.

                Semester 3 dan 4. Di UI, kita mendalami lagi field kita, mata kuliahnya : Data Struktur dan Algoritma, Desain Database dan Sistem, Matematika Intermedite(Kalkulus, Linear Algebra, Probability terapan), Jaringan Komputer, Sistem Operasi dan Pemrogaman web. Sekarang ITB, tahun ini baru mulai kuliah jurusannya (yeay), mata kuliahnya include  mata kuliah di tahun pertama UI semisal Matematik Diskrit, Sistem Digital, Probabilitas & Statistik, OOP. Tambahannya, ada Algoritma dan Data Struktur, Database, Software engginering, dan Teori Bahasa dan Automata. Di tahun ini pula, di ITB kita diperbolehkan milih mau lebih kearah Ilmu Komputer atau Software Engginering. Perbedaanya, Software Engginering lebih practical, sedangkan Ilmu Komputer lebih teoritis.

                Tahun ke tiga. Di UI, kita sekarang bisa ngambil konstrasi, ada beberapa yaitu : Teori Ilmu Komputer, Software Engginering, dan Embedded System(ada programmingnya ini). Selain itu, kita masih nerusin beberapa prasyarat mata kuliah antara lain : teori bahasa dan automata, analisis algoritma, software engginering, software project dan intelligent system. Di ITB, mata kuliahnya ada Komputer Grafis, Strategi Algoritma, Artificial Intelligence, Sistem operasi, Jaringan Komputer dan Interaksi manusia komputer.

                Tahun terakhir. Keduanya sama nerusin kosentrasi yang diambil di tahun-tahun sebelumnya. Dan yang paling penting, you know la, SKRIPSI. Kalau berhasil lewatin, selamat anda sudah mendapat gelar Sarjana Komputer (UI) atau Sarjana Teknik (ITB). Dan selamat melanjutkan kehidupan, bagi yang mau kerja, wirausaha, nikah, dan lainnya.



                Sekian sekadar sharing dari gua, kalo ada yang bermanfaat diambil, kalo gak ada ya gausah. Maafin juga, tulisan ini tidak memenuhi Kaidah Penulisan Bahasa Indonesia yang benar. Dan bagi kakak kelas 12 yang lagi UN moga dapat nilai yang terpantas(terbaik) sesuai usahanya. Bagi temen kelas 10 dan 11 yang lagi liburan, selamat mengerjakan tugas-tugas yang dipaksakan. Bagi yang lolos OSN(bentar lagi pengumumannya) selamat berjuang mengharumkan nama pribadi, orang tua, sekolah, Kabupaten dan Provinsi. Sampa jumpa di tulisan berikutnya, dan Walaikumsalam Wr. Wb.

Sumber-sumber :
https://www.quora.com/Indonesia­What­is­the­difference­between­computer­science­at­UI­and­informatics­at­ITB­in­terms­of­curriculum­and­educationall-approach
https://rinaldimunir.wordpress.com/2007/02/20/informatika­tidak­perlu­teknik­lagi/



5 comments:

Punta Singga said...

Asek mantav bang

Punta Singga said...

Asek mantav bang

Ferdian Ifkarsyah said...

Yehh... nape lu pun? wkw

Ferdian Ifkarsyah said...

Woaa.....tulisan satu tahun yang lalu!!!
Selamat tinggal Ilmu Komputer, selamat datang ke STEI.
Selamat tinggal UI, selamat datang ke ITB.
Selamat tinggal Depok(dan Jakarta), selamat datang ke Bandung.
Selamat tinggal Ahok(sekarang Anies -_-), selamat datang ke Ridwan Kamil.

Sulthan Alam said...

Kak Ferdi. Mau nanya dong. Kakak menyesal ga di bandung? Ato pernah menyesal ga milih ui?